Penggunaan Umum Pada Baja Struktural

Banyaknya kegunaan dari baja struktural yang menjadikannya sebagai salah satu bahan yang paling disukai untuk konstruksi dan manufaktur. Sebagai paduan, baja struktural terdiri dari besi dan karbon — kandungan karbon dapat bervariasi tergantung pada penggunaannya. Beberapa sifat fisiknya termasuk tingkat kekerasan, ketangguhan, daya fleksibilitas, dan tidak mudah keropos.

Sementara pembuatan baja memiliki felksibilitas yang mana dari sifat-sifat ini untuk disorot, bagaimanapun, mereka umumnya mengerjakan salah satu bahan yang paling tahan lama dan paling bisa diterapkan. Hal ini memungkinkan untuk beberapa aplikasi, seperti gudang, tempat parkir, jembatan, pertanian, gedung bertingkat, dan sejenisnya.

Gudang

Baja dapat ditemukan di sejumlah gudang baik kecil maupun besar. Meskipun memiliki beberapa kegunaan, biasanya terlihat sebagai bagian dari rangka utama bangunan, atau struktur utama — pikirkan balok baja, bagian I, batang baja bertulang, atau pipa.

Untuk gudang, baja memiliki tujuan dekoratif dan fungsional. Balok terbuka, selain secara visual rapi untuk dilihat, juga menyediakan struktur barebone yang tahan lama dan tahan lama yang mungkin ingin dimanfaatkan oleh banyak gudang.

Meskipun desain strukturalnya sederhana, bahannya mudah dipasang, andal, dan dapat diproses lebih lanjut untuk memperkuatnya, dan untuk meningkatkan ketahanan korosinya— yaitu galvanisasi.

Cek Juga: Jual Pipa Galvanis

Tempat Parkir

Tempat parkir atau tempat parkir modern saat ini menggunakan kombinasi material. Bahkan, jarang ditemukan tempat parkir mobil yang dibuat dengan beton bertulang murni.

Di ruang parkir hibrida, misalnya, batang tulangan baja digunakan untuk menopang banyak kolom beton yang mungkin diberi jarak di seluruh fasilitas. Bahannya adalah pilihan yang baik karena membantu tidak hanya mendukung kolom tetapi juga berbagai tingkat ruang parkir yang mungkin ada.

Di sisi lain, baja mungkin lebih terlihat di seluruh ruang parkir baja yang semakin populer selama bertahun-tahun. Parkir mobil baja tidak hanya praktis untuk dibangun, tetapi juga lebih ringan dibandingkan beton. Ini juga berarti bahwa ruang di dalam area parkir lebih maksimal, memastikan tidak ada area yang kurang dimanfaatkan.

Gedung Bertingkat Tinggi

Bangunan bertingkat tinggi memiliki persyaratan yang berbeda-beda, tetapi secara signifikan membutuhkan lebih banyak dukungan struktural, terutama dalam kasus bencana alam seperti badai atau gempa bumi. Sebuah metrik yang biasanya digunakan sebagai bagian dari standar untuk konstruksi gedung bertingkat, disebut beban angin.

Beban angin biasanya mengukur seberapa banyak bangunan dapat menahan sebelum struktur apa pun seperti atap atau langit-langit akan terpengaruh. Ini juga dapat dipahami sebagai jumlah tekanan yang diperlukan sebelum struktur utama bangunan mulai menunjukkan retakan dan kerusakan.

Dalam kasus seperti itu, bahan seperti baja harus digunakan. Pelat baja, batang baja bertulang, balok, pipa, atau bagian baja dapat memberikan struktur dan dukungan untuk jenis desain bangunan ini. Asalkan mereka telah dibangun dengan benar, mereka dapat dengan mudah menahan tekanan angin sampai batas tertentu, untuk melindungi seluruh bangunan serta penghuninya.

Jembatan

Jembatan modern dilalui oleh ribuan mobil dan jenis kendaraan lainnya setiap hari. Bayangkan saja jumlah bentuk yang mungkin diberikan pada berbagai komponen sistem jembatan, khususnya dek.

Mengingat hal ini, banyak jenis produk baja fabrikasi digunakan untuk konstruksi jembatan. Ini memungkinkan jembatan untuk menopang dan membawa lebih banyak beban berat dalam jangka waktu yang lama dengan sedikit perawatan yang diperlukan dan tidak ada retakan sama sekali.

Ketika mengalami proses sekunder — seperti galvanisasi — baja struktural di jembatan juga memberikan perlindungan yang cukup terhadap elemen lingkungan. Seluruh struktur jembatan dapat stabil selama beberapa tahun tanpa mengalami korosi.

Infrastruktur Pertanian

Industri pertanian telah ada selama ratusan abad saat ini. Banyak teknik seperti irigasi telah berkembang untuk mengakomodasi penggunaan dan fungsi bahan seperti baja.

Dengan pemikiran ini, industri pertanian juga banyak diuntungkan dari penggunaan baja struktural dalam banyak operasi. Anda dapat dengan mudah menemukan bangunan pertanian atau pertanian seperti lumbung, silo, kandang ayam, atau gudang — semuanya melibatkan lebih dari satu aplikasi baja.

Selain bangunan, baja modern juga telah digunakan di beberapa instalasi pagar untuk fasilitas jenis ini. Pagar baja dapat digunakan untuk berbagai jenis selungkup yang dapat menampung hewan ternak dengan benar atau mengamankan peralatan pertanian. Dalam konstruksi pertanian, ada kebebasan untuk menghasilkan desain baja struktural fleksibel yang dapat terus ditingkatkan atau diperluas untuk mengakomodasi bahan lain.

Kesimpulan

Beberapa penggunaan yang paling umum dari baja struktural meliputi: pertanian, konstruksi jembatan, pergudangan, tempat parkir, dan pembangunan gedung bertingkat. Baja adalah bahan yang praktis karena banyak mudah disesuaikan sesuai kebutuhan properti.

Ketangguhan, kekuatan, dan ketahanannya memungkinkan banyak dari industri ini memanfaatkannya dalam berbagai bentuk. Dukungan dan struktur menyeluruh yang dapat diberikan baja juga memungkinkan beberapa inovasi dalam konstruksi yang masih diterapkan hingga saat ini.

Kunjungi Juga: Jual Pipa Stainless